Saturday, January 17, 2009

Keras Kepala dan Kepala Keras


Pernahkah anda mendengar seseorang berkata “ ya, ampun..keras kepala banget sih luuuu..!!!” atau“ BUSYETTTT, kepalanya keras banget…kejatuhan duren eh malah durennya yang pecah..he..he..”. Nah, menilik dua kalimat pertanyaan di atas pernahkah anda menebak lebih keras kepala siapa, pria atau wanita? Pria mungkin bisa dibilang lebih keras kepala, misalnya untuk urusan seks..( mosok sih…) ^_^. Tapi di sini, penulis gak akan membahas masalah seks tersebut loh...

Yup, dalam arti harfiah.. wanita ternyata lebih keras kepala daripada pria dalam artian tulang tengkorak wanita lebih tebal daripada pria. Jika tebal lapisan tulang tengkorak pria rata-rata 6,5 milimeter, rata-rata tebal tengkorak wanita 7,1 milimeter.

Hal tersebut dikemukakan oleh Jesse Ruan, peneliti dari Ford Motor Company, bersama koleganya dari Universitas Sains dan Teknologi Tianjin, China yang telah membuktikan perbedaan ketebalan tulang tengkorak karena gender. Ruan dan timnya melakukan pengukuran terhadap 3000 pasien di Rumah Sakit Pusat Tianjin Keempat menggunakan pemindai kepala.

Data-data mengenai perbedaan karakteristik tulang tengkorak pria dan wanita ini penting sebagai dasar pengembangan helm dan alat pelindung kepala untuk menekan risiko bahaya sekecil mungkin akibat benturan saat terjadi kecelakaan. Selain berbeda ketebalan, para peneliti juga menemukan bahwa besar rata-rata tengkorak wanita lebih kecil daripada pria. Wanita rata-rata memiliki ukuran tengkorak 171 milimeter dari depan ke belakang dan 140 milimeter dari sisi kiri ke kanan. Sementara, tengkorak pria rata-rata berukuran 176 milimeter dari depan ke belakang dan 145 milimeter dari kiri ke kanan.

Ruan berencana untuk melakukan langkah berikutnya untuk memastikan apakah perbedaan ini juga berpengaruh terhadap dampak benturan antara pria dan wanita sehingga dapat didesain pelindung kepala yang sesuai. Selain perbedaan ketebalan dan ukuran, penelitian yang dimuat dalam Journal of Vehicle Safety edisi terbaru ini juga mengungkap perbedaan tengkorak berdasarkan usia.

Yup, sekedar wanti - wanti nih...Penulis gak menyarankan anda ( kaum wanita ) untuk membuktikannya loh..entar malah kepalanya dibentur - benturkan ke dinding lagi he..he.. ^_^

Sumber : KOMPAS, Januari 2008

nota: dari http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=6161


No comments: